AC Milan tampil memesona saat tandang ke Stadio Renato Della`Ara, Minggu (25/1). Melawan Bologna, Rossoneri melumat tuan rumah dengan skor mencolok, 4-1, sehingga mereka tetap berada di jalur perburuan Scudetto.

Kesuksesan pada laga tandang ini juga ditandai dengan sebuah gol cantik David Beckham. Gelandang berstatus pinjaman dari klub Los Angeles Galaxy tersebut mengoyak jala Bologna pada menit ke-59, memanfaatkan umpan Clarence Seedorf.

Ini merupakan gol pertama Beckham sejak bergabung dengan Milan pada awal bulan. Gelandang asal Inggris tersebut yang dipinjam selama tiga bulan, sudah tiga kali membela Rossoneri–artinya selalu masuk line-up. Beckham akan kembali ke LA Galaxy pada 9 Maret.

Kaka yang baru saja menolak tawaran fantastis Manchester City yang mau membelinya dengan harga sekitar Rp 1,7 triliun juga memberikan kontribusi yang sangat besar. Playmaker asal Brasil tersebut mencetak dua gol, dan satu gol lainnya dihasilkan oleh Seedorf.

Donasi tiga angka di pekan ke-20 ini membuat Milan yang mengumpulkan total 40 angka terus menempel Juventus dan Inter Milan yang berada di atasnya. Mereka hanya terpaut tiga poin.

Milan yang dalam satu pekan terakhir ini terus mendapat tekanan dari Milanisti karena ada rencana melepas Kaka ke City, tampil penuh percaya diri. Sejak peluit kick off berbunyi, tim besutan Carlo Ancelotti tersebut bermain agresif.

Namun, gawang mereka justru kebobolan lebih dulu pada menit ke-9 setelah wasit memberikan hukuman penalti bagi Bologna. Marco Di Vaio yang menjadi algoju tendangan 11 meter itu berhasil menaklukkan penjaga gawang Christian Abbiati.

Gol cepat itu menghentak para pemain Milan yang kembali mengurung pertahanan tuan rumah. Alhasil, hanya berselang empat menit mereka sudah bisa mencetak gol penyama kedudukan yang dihasilkan oleh Seedorf. Empat menit berselang, giliran Kaka yang membuat Milan unggul setelah sukses mengeksekusi tendangan penalti.

Menjelang babak pertama usai, petaka menimpa Bologna karena mereka harus bermain dengan 10 orang menyusul kartu merah yang diterima Gaby Mudingayi. Pada menit ke-41, pemain belakang itu terpaksa menjatuhkan Pato yang melakukan solo run.

Hanya berselang dua menit setelah Mudingayi keluar, Milan memperbesar keunggulan mereka. Kaka menunjukkan kualitasnya sebagai gelandang dengan naluri gol yang tinggi karena dia sempat melewati dua pemain belakang sebelum melepaskan tendangan keras yang mengoyak sisi kanan gawang Bologna yang dikawal Francesco Antonioli. 3-1 untuk Milan.

Pada babak kedua, Milan tetap memegang kendali permainan. Tim merah-hitam ini akhirnya menambah satu gol lagi lewat tendangan kaki kanan Beckham dari dalam kotak penalti. Berawal dari serangan balik, Seedorf mengirim umpan datar ke sisi kanan dan tanpa mengontrol lebih dulu, Beckham langsung melepaskan tendangan dan bola menghujam sisi kiri atas gawang.

Unggul 4-1, Rossoneri menurunkan tempo permainan. Ancelotti pun menarik beberapa pemain pilarnya termasuk Kaka dan Pato. Sampai pertandingan usai, tak ada lagi gol tambahan.

Sumber: http://www.bola.kompas.com